(Bisnis Komunikasi Jaringan), "Solusi Kerjasama!"

Pengertian Web Builder dan Contohnya, Berikan Fitur Sederhana yang Memudahkan!

Web Builder


Penulis : @Ratu Eka Bkj

CEO, Owner, Founder “EKA BKJ”




Web Builder merupakan platform membuat website, yang secara instan. Tidak memerlukan keahlian, technical untuk coding. Bahkan, tidak perlu melakukan drag and drop dalam desain landing page. Sebab, dapat dilakukan dengan upgrade paket berbayar. Maka, tampilan akan disetting otomatis dari pihak platform. Namun, juga dapat menggunakan versi free. Cuman, hanya mendapatkan fasilitas yang terbatas. 


Yakni, domain yang masih gratisan tidak custom dan tampilan sederhana. Hosting pun, dengan kapasitas yang terbatas. Sehingga, tampak kurang profesional. Tetapi, tipe Web Builder cocok buat kalian yang ingin punya website secara instan. Tanpa memikirkan skill, dalam web development. Cocok buat para pemula. So, untuk lebih jelasnya langsung cek yang di bawah Guys! Cekidot. 



Pengertian Web Builder

Web Builder adalah platform yang memungkinkan pengguna, untuk membuat situs web secara instan. Tanpa harus memiliki keahlian, tentang pemrograman atau desain web yang mendalam. Solusi yang tepat, bagi individu atau bisnis kecil. Tentunya, yang ingin memiliki website sederhana. Tanpa biaya yang tinggi, dan waktu singkat. Cocok buat para pemula, yang ingin terjun ke dunia digital. 


Web Builder adalah, sebuah perangkat lunak memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan mengelola situs web yang sederhana. Tanpa memerlukan keterampilan pemrograman, coding, desain template, dan drag and drop. Web Builder menyediakan, antarmuka visual yang intuitif. Pengguna dapat menambahkan teks, gambar, dan elemen desain lainnya. Tentunya, dengan mudah dan instan. 


Secara lebih teknis, Web Builder didefinisikan sebagai alat berbasis web yang menggunakan teknologi WYSIWYG (What You See Is What You Get). Demi, membantu pengguna dalam membangun dan mengatur konten web. Web Builder, biasanya mencakup template yang dapat disesuaikan. Adanya alat untuk pengelolaan konten, optimasi SEO, dan integrasi dengan alat pihak media sosial dan analitik.



Komponen Web Builder

Web Builder mempunyai, beberapa komponen utama. Tentunya, sebagai komposisi yang melengkapi sebuah platform. Berguna, bagi para user yang menggunakannya. So, berikut beberapa komponennya antara lain:


  1. Interface Pengguna yang Ramah

Interface dari Web Builder dirancang, untuk memudahkan user dalam membuat dan mengelola situs web sederhana. Biasanya, ini termasuk antarmuka seret-dan-letakkan. Pengguna dapat menarik elemen-elemen seperti teks, gambar, dan formulir ke dalam desain situs web. 


  1. Template

Web Builder menyediakan berbagai pilihan template, yang dapat dipilih pengguna. Dirancang sebelumnya dari pihak platform. Mencakup berbagai gaya desain, untuk berbagai jenis situs web (Misalnya, bisnis, portfolio, e-commerce, blog, dll). Pengguna dapat memilih template yang sesuai, dengan kebutuhan masing-masing. 


  1. Fitur Setting Tampilan

Web Builder umumnya menawarkan, berbagai fitur Setting Tampilan. Termasuk pengaturan warna, font, tata letak halaman, struktur menu, dan lain-lain. Beberapa platform Web Builder, memungkinkan untuk menambahkan elemen khusus. Misalnya seperti galeri gambar, widget media sosial, formulir kontak, dan lain-lain.


  1. Hosting dan Domain

Hosting dan domain disediakan gratis, sehingga tidak premium. Domain akan tergantung, dengan kredit pemilik platform. Contohnya seperti .wordpress.com, .wix.com, .blogspot.com, dan semacamnya. Namun beberapa Web Builder juga menawarkan layanan hosting, dan pendaftaran domain custom, jika diupgrade menjadi berbayar. Membuatnya, sangat nyaman bagi pengguna. Karena, dapat mengatur semuanya dari satu tempat. Tanpa harus mencari, penyedia hosting, dan registrasi domain terpisah.


  1. Responsif dan SEO

Situs web yang dibuat dengan Web Builder, biasanya dapat responsif. Artinya, dirancang untuk berfungsi dengan baik di berbagai perangkat. Termasuk, smartphone dan tablet. Beberapa platform Web Builder, juga menawarkan alat bantu SEO (Search Engine Optimization) yang sederhana. Guna, membantu situs web mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari seperti Google.


  1. Dukungan dan Pembaharuan

Platform Web Builder umumnya menawarkan, dukungan pelanggan dan pembaruan sistem secara teratur. Demi, memastikan pengguna selalu menggunakan versi terbaru. Sehingga, memiliki akses ke bantuan jika diperlukan.


  1. Biaya

Biaya untuk menggunakan Web Builder bervariasi, tergantung pada platform yang dipilih. Terlebih, fitur-fitur yang dibutuhkan user. Beberapa platform menawarkan, model langganan bulanan atau tahunan. Sementara yang lain, menawarkan paket satu kali pembelian.



Fitur Utama  Web Builder

Web Builder mempunyai fitur utama, yang biasanya disediakan oleh platform. Berfungsi, untuk para user dalam setting tampilan website. Maupun, kebutuhan untuk membuat konten. So, berikut beberapa fitur utamanya antara lain:


  1. Template

Koleksi desain yang telah jadi. Tentunya, yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan.


  1. Editor 

Alat visual yang berguna, menambahkan dan mengatur elemen web dengan mudah.


  1. Hosting dan Domain

Sebagian besar Web Builder, menyediakan layanan hosting dan pendaftaran domain.


  1. Responsif dan Mobile-Friendly

Desain yang dihasilkan, biasanya dapat responsif. Artinya, dapat menyesuaikan tampilan dengan baik di berbagai perangkat. Baik itu smartphone, maupun tablet.


  1. SEO Tools

Alat bantu untuk mengoptimalkan situs. Agar, lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.


  1. Integrasi E-commerce

Beberapa Web Builder menyediakan fitur, untuk membuat toko online. Tentunya, dengan sistem pembayaran dan manajemen inventori.


  1. Support dan Dukungan

Adanya support, bantuan teknis dan tutorial. Guna, membantu pengguna memaksimalkan penggunaan platform.



Keuntungan Pakai Web Builder dan Kelebihannya

Kelebihan menggunakan Web Builder, termasuk kemudahan dalam penggunaan. Hemat waktu, dan biaya relatif rendah. Dibandingkan dengan, menyewa seorang Desainer Web Profesional atau Web Developer. Namun, ada juga beberapa keterbatasan. Misalnya seperti, kustomisasi yang terbatas jika dibandingkan dengan situs Web Framework maupun Web CMS. Pemilihan Web Builder yang tepat, tergantung pada kebutuhan spesifikasi user. Tingkat kustomisasi yang diinginkan, dan kesediaan anggaran.


  1. Instan Tinggal Pakai

Website berbasis Builder, menyajikan sistem instan. Alias, tinggal pakai aja. Sehingga, tidak memerlukan skill teknikal untuk coding. Maupun, tidak membutuhkan keahlian buat desain melalui drag-and drop. Cukup setting secara sederhana, sudah dapat buat blogging. Cocok buat pemula, yang membutuhkan website tapi tidak perlu ribet. 


  1. Tidak Perlu Kustomisasi Sendiri

Anda tidak perlu, melakukan customize sendiri. Sebab, semua sudah dikontrol dari sistem platform. Kita tinggal pakai doang. Bisa pakai versi gratis, atau kalau perlu premium tinggal upgrade pembayaran. 


  1. Gratis

Menyediakan versi blog gratis. Baik secara domain, hosting, dan template. Bisa kita pakai secara free. Tapi, mempunyai fasilitas yang terbatas dan tampilan sederhana. Domain, template, dan hosting masih tertaut dengan kredit dari pihak platform. Sehingga, website terkesan kurang profesional. 


  1. Jika Ingin Versi Premium Tinggal Upgrade Secara Instan

Jika Anda menginginkan versi yang premium. Tinggal klik upgrade pembayaran. Maka, tampilan akan otomatis diubah dari pihak sistem platform. 


  1. Mudah Digunakan

Tidak memerlukan keahlian teknikal, baik yang tingkat tinggi maupun dasar. Tidak perlu kemampuan pemrograman, coding, dan drag and drop. Sebab, semua perubahan sudah diatur dari pihak sistem platform. 


  1. Cepat

Membuat situs web, dalam waktu yang singkat. Hanya membutuhkan beberapa menit saja. Maka, blog gratisan sudah dapat Anda akses. 


  1. Biaya Terjangkau

Banyak layanan Web Builder, menawarkan paket harga yang lebih murah. Dibandingkan dengan, menyewa Web Developer Profesional.


  1. Maintenance dan Update

Platform Web Builder, biasanya mengurus pembaruan perangkat lunak. Terlebih, keamanan secara otomatis.



Contoh Web Builder Terpopuler

Web Builder mempunyai, berbagai contoh yang populer. Sebagai petunjuk buat Anda, untuk membedakan dengan platform web yang lainnya. Berikut beberapa contoh Web Builder yang familiar digunakan para user, antara lain:


  1. Wix

Menawarkan banyak template, dan editor yang kuat.


  1. Squarespace

Dikenal dengan desain, yang elegan dan kaya fitur.


  1. Weebly

Mudah digunakan, dengan banyak pilihan integrasi.


  1. WordPress.com

Platform blogging yang juga menawarkan, kemampuan web builder.


  1. Shopify

Khusus untuk pembuatan toko online. Tentunya, dengan fitur e-commerce yang cukup lengkap.



Perbedaan Web Builder Dengan Web CMS (Content Management System)

Meskipun Web Builder dan Web CMS, memiliki tujuan yang hampir menyerupai. Tetapi, mempunyai banyak perbedaan dalam segi fungsi dan fitur. So, berikut beberapa perbedaan utamanya antara lain:


  1. Kemudahan Penggunaan

Web Builder biasanya lebih mudah digunakan, karena fokus pada antarmuka yang instans. Sementara Web CMS, memerlukan pemahaman lebih tentang technical.


  1. Fleksibilitas

Web CMS biasanya menawarkan, lebih banyak fleksibilitas dan kustomisasi. Melalui penggunaan plugin, dan tema yang lebih kompleks. Sedangkan Web Builder, cenderung diatur oleh pihak platform dan banyak keterbatasan. 


  1. Hosting

Web Builder biasanya, menyediakan hosting internal. Sedangkan Web CMS, pengguna bisa mengatur hosting sendiri secara customize. 


  1. Domain

Web Builder menyediakan domain gratisan, yang terkait kredit pihak platform. Jika ingin website, dengan domain premium. Maka, harus membeli paket upgrade lengkap yang akan diatur dari internal pihak platform. Artinya, tidak dapat customize domain secara independen. Sedangkan Web CMS, kita dapat melakukan customize domain sendiri dengan menautkan ke pihak provider. 


  1. Fitur Customize

Web Builder tidak menyediakan, fitur customize tersendiri. Sehingga, hanya dapat memakai gratisan atau upgrade paket otomatis. Sedangkan Web CMS, menyediakan fitur customize yang lengkap. Baik untuk integrasi domain customize, hosting, dan template premium. 



Demikianlah artikel dari Kami EKA BKJ yang membahas tentang, Web Builder. Berkaitan dengan Pengertian, Komponen, Fitur Utama, Keuntungan, Contoh, Perbedaan Web Builder dengan Web CMS. Sehingga, dapat berguna bagi Anda para pembaca. Tentunya, untuk memperdalam wawasan seputar dunia website. Terutama, buat Anda yang ingin terjun di bidang Web Developer dan Blogger. Oke Guys, sekian dari Ratu Eka Bkj dan terimakasih. 





KERJASAMA BISNIS, Mulai Klik Hubungi Kami via Whatshap 
0895367203860 
Owner, Founder, CEO
= 085704703039 
Customer Service

DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =


0481723808

EKA APRILIA.... BCA


0895367203860

EKA APRILIA, OVO



0 Response to "Pengertian Web Builder dan Contohnya, Berikan Fitur Sederhana yang Memudahkan! "

Post a Comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow