(Bisnis Komunikasi Jaringan), "Solusi Kerjasama!"

Pengertian Joomla Web CMS dan Fiturnya, Bikin Desain Website Makin Dinamis!

Joomla Web CMS


Penulis_@Ratu Eka Bkj

CEO, Owner, Founder “EKA BKJ


Joomla Web CMS merupakan, salah satu platform development website berbasis Content Management System. Artinya, telah disediakan kerangka dalam membuat situs web. Lengkap dengan fitur dan fungsi, yang dapat kita pakai. Bahkan, dipermudah dengan adanya penyediaan template, plugin, dan desain drag and drop. 


Namun, kita masih tetap dapat melakukan customize. Tentunya, dengan menautkan web pada pihak provider. Berupa domain custom, hosting, template premium, cloudfire, dan semacamnya. So, untuk lebih jelasnya mengenai Joomla Web CMS. Langsung saja cek pemaparan Ratu Eka Bkj, yang di bawah Guys! Cekidot. 



Pengertian Joomla Web CMS

Joomla Web CMS adalah, sebuah Content Management System (CMS) open-source yang digunakan untuk, development dan mengelola situs web. Joomla memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan mempublikasikan konten web. Tanpa memerlukan, keahlian pemrograman yang mendalam.


Joomla merupakan, CMS yang kuat dan fleksibel. Cocok untuk berbagai jenis situs web. Baik yang membutuhkan kontrol lebih besar, atas konten dan desain. Dengan dukungan komunitas, yang besar dan berbagai ekstensi. Maka, Joomla menjadi pilihan yang baik. Terutama, bagi kalian yang membutuhkan sistem manajemen konten lebih kompleks. Dibandingkan dengan, solusi lain seperti WordPress. Namun, user perlu siap menghadapi kurva pembelajaran yang curam. Kompleksitas yang lebih tinggi.



Sejarah Joomla Web CMS

Joomla Web CMS lahir dari sebuah proyek Content Management System, yang sebelumnya dikenal dengan nama Mambo. Mambo adalah, CMS open-source yang sangat populer pada awal 2000-an. Mambo dikembangkan oleh, perusahaan bernama Miro Corporation yang berbasis di Australia. Pada tahun 2005, muncul ketegangan antara komunitas pengembang open-source Mambo dengan Miro Corporation. Terkait hak kepemilikan, dan arah pengembangan proyek tersebut.


Pada Agustus 2005, akibat dari ketegangan tersebut. Maka, seluruh tim Developer inti Mambo memutuskan untuk memisahkan diri dari Miro Corporation. Mereka kemudian membentuk sebuah organisasi non-profit, bernama Open Source Matters, Inc.(OSM). Guna, untuk mendukung dan mengelola proyek baru yang diberi nama Joomla. Berasal dari kata "Jumla", sebuah kata dalam bahasa Swahili yang berarti "semuanya bersama-sama" atau "kesatuan".


Joomla 1.0, yang dirilis pada 16 September 2005, merupakan versi pertama Joomla. Pada dasarnya, menjadi keturunan langsung dari Mambo 4.5.2.3. Meskipun, awalnya didasarkan pada kode Mambo. Joomla segera berkembang menjadi CMS, yang berdiri sendiri. Tentunya, dengan fitur-fitur dan pembaruan yang unik.


Joomla 1.5 (Januari 2008), versi pertama sudah tidak kompatibel dengan Mambo. Maka, Joomla 1.5 memperkenalkan banyak fitur baru dan peningkatan. Termasuk sistem MVC (Model-View-Controller), yang memungkinkan Developer untuk membuat ekstensi. Tentunya, yang lebih modular dan fleksibel.


Joomla 2.5 (Januari 2012), versi yang memperkenalkan beberapa fitur baru. Diantaranya seperti sistem notifikasi, multi-database support, dan peningkatan keamanan. Joomla 2.5 juga merupakan, versi jangka panjang yang didukung hingga Desember 2014.


Joomla 3.0 (September 2012), membawa perubahan besar dalam desain dan fungsionalitas. Termasuk integrasi dengan Bootstrap, untuk tampilan yang responsive. Sehingga, situs web yang dibangun dengan Joomla dapat mudah diakses di berbagai perangkat. Termasuk, smartphone dan tablet. Versi 3.0 terus berkembang, dengan pembaruan minor dan patch keamanan. Hingga rilis versi Joomla 3.10, pada Agustus 2021.


Joomla 4.0 (Augustus 2021), versi terbaru ini memperkenalkan sejumlah fitur baru dan peningkatan. Diantaranya seperti peningkatan kinerja, keamanan, dan aksesibilitas. Terlebih, peningkatan sistem manajemen media dan tampilan antarmuka yang lebih modern.


Sejak awal berdirinya, Joomla telah didukung oleh komunitas global yang besar dan aktif. Komunitas terdiri dari Developer, Designer, dan pengguna akhir. Tentunya yang berkontribusi dalam development inti, pembuatan ekstensi, template, dan juga dukungan. Melalui forum, dokumentasi, dan acara seperti JoomlaDay.


Joomla memiliki ekosistem, yang kaya dengan ribuan ekstensi (komponen, modul, dan plugin). Memungkinkan user untuk, memperluas fungsionalitas situs web. Termasuk e-commerce, forum, galeri gambar, dan lainnya.


Joomla telah digunakan untuk, membangun berbagai jenis situs web. Mulai dari blog pribadi, hingga situs web perusahaan besar, portal berita, dan situs komunitas. Beberapa organisasi besar, yang pernah menggunakan Joomla. Diantaranya seperti Harvard University, Linux.com, dan The Guggenheim Museum. Joomla juga beberapa kali memenangkan, penghargaan dalam industri teknologi. Termasuk penghargaan CMS open-source terbaik, dari berbagai organisasi dan publikasi.


Joomla terus berkembang dan beradaptasi, dengan trend dan kebutuhan teknologi web modern. Dengan rilis Joomla 4.x, proyek ini menunjukkan komitmen. Guna, untuk tetap relevan di tengah persaingan dengan CMS lainnya. Misalnya seperti WordPress dan Drupal, serta platform pembangunan situs modern lainnya.


Dengan fokus pada keamanan, kecepatan, aksesibilitas, dan pengalaman user. Joomla diharapkan, terus menjadi pilihan populer. Yakni, bagi yang membutuhkan CMS yang kuat dan fleksibel.


Joomla merupakan CMS, yang lahir dari semangat komunitas open-source. Hingga terus berkembang dan beradaptasi, dengan perubahan zaman. Dengan sejarah yang kaya, dan komunitas yang aktif. Maka, Joomla tetap menjadi salah satu pilihan utama. Tentunya, bagi banyak Developer dan User di seluruh dunia. Yakni, dalam development situs web yang dinamis dan kuat. 



Fitur Joomla Web CMS

Joomla Web CMS mempunyai berbagai fitur yang penting. Tentunya, dapat berguna bagi kita dalam development situs web. Baik dipakai untuk blogging, personal profile, e-commerce, dan semacamnya. So, berikut beberapa fiturnya antara lain: 


  1. Manajemen Konten

Joomla menyediakan alat yang lengkap. Guna, untuk mengelola berbagai macam konten. Termasuk artikel, kategori, tag, dan media. Sistem yang memungkinkan user, untuk mengatur hierarki konten dan mengontrol visibilitas.


  1. Template dan Tampilan

Joomla menggunakan sistem template, yang memungkinkan perubahan tampilan situs, tanpa mempengaruhi konten. User dapat memilih dari berbagai template, yang tersedia atau membuatnya sendiri.


  1. Ekstensi

Joomla memiliki sistem ekstensi, yang memungkinkan user menambah fungsionalitas tambahan. Ada empat jenis ekstensi utama:

Komponen : Merupakan aplikasi besar yang, terintegrasi dengan Joomla. Misalnya seperti toko online, forum, atau sistem manajemen acara.

Module : Menyediakan blok konten kecil, yang ditampilkan di bagian tertentu dari halaman.

Plugin : Ekstensi yang digunakan untuk, memanipulasi konten atau menambahkan fitur pada artikel, formulir, atau bagian lain dari situs.

Template : Mengontrol tampilan, dan tata letak situs.


  1. Manajemen User

Joomla mendukung sistem multi-user, dengan berbagai tingkat izin. User dapat diatur dalam kelompok, dengan hak akses yang berbeda-beda.


  1. SEO Friendly

Joomla menawarkan, alat SEO built-in. Misalnya seperti URL yang bersih (clean URLs), meta data, dan penanganan URL khusus. Guna, untuk membantu peringkat situs di search engine.


  1. Bahasa

Joomla mendukung banyak bahasa. Memungkinkan user untuk, membuat situs multibahasa dengan mudah.


  1. Keamanan

Joomla memiliki fitur keamanan yang kuat. Termasuk autentikasi dua faktor, perlindungan CAPTCHA, dan kontrol akses yang ketat. 



Demikianlah artikel dari Kami EKA BKJ yang membahas tentang, Joomla Web CMS. Berkaitan dengan pengertian, sejarah, fitur. Sehingga, dapat berguna bagi Anda para readers. Tentunya, dalam mengenali platform ini. Sebagai salah satu infrastruktur, dalam membangun situs web. Sehingga, dapat digunakan untuk blogging dan cyber writing. Oke Guys, sekian dari Ratu Eka Bkj dan terimakasih. 




KERJASAMA BISNIS, Mulai Klik Hubungi Kami via Whatshap 
0895367203860 
Owner, Founder, CEO
= 085704703039 
Customer Service

DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =


0481723808

EKA APRILIA.... BCA


0895367203860

EKA APRILIA, OVO



0 Response to "Pengertian Joomla Web CMS dan Fiturnya, Bikin Desain Website Makin Dinamis! "

Post a Comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow