(Bisnis Komunikasi Jaringan), "Solusi Kerjasama!"

Fungsi Squarespace Web CMS dan Pengertiannya, Berikan Fitur Customize Bikin Friendly!

Squarespace Web CMS

Penulis_@Ratu Eka Bkj

CEO, Owner, Founder “EKA BKJ



Squarespace Web CMS menjadi salah satu alternatif, dalam membuat situs web. Tentunya, dengan berbasiskan Content Management System. Platform yang menyediakan fungsi dan kerangka, untuk development website. Dilengkapi dengan, fitur yang memudahkan kita untuk customize. Sehingga, web tampil lebih profesional dan premium.


Cocok digunakan buat para Developer, yang ingin praktis. Tidak perlu coding dari awal, yang menyita banyak waktu. Cukup memperbaiki tampilan sesuai harapan, dengan fitur kustomisasi dan desain drag and drop. So, untuk lebih jelasnya tentang Squarespace Web CMS. Yukz langsung cek pemaparan Ratu Eka Bkj yang di bawah Guys! Cekidot. 



Pengertian Squarespace Web CMS

Squarespace Web CMS adalah, salah satu platform Content Management System (CMS) yang berbasis web. Sangat populer di kalangan creator, blogger, bisnis kecil, dan individu yang ingin membangun situs dengan praktis. Tentunya, dengan hasil tampilan yang profesional. Tanpa, memerlukan pengetahuan coding yang mendalam. Squarespace menawarkan berbagai fitur, yang memudahkan pembuatan situs web. Mulai dari personal blog, portofolio, hingga e-commerce. 


Squarespace merupakan, CMS ideal bagi individu atau bisnis yang menginginkan kemudahan dalam penggunaan. Terlebih, hasil desain yang menarik dan fitur all-in-one. Tanpa memerlukan pengaturan, technical pemrograman yang rumit. Dengan template responsif, fitur e-commerce, dan tools SEO. Maka, Squarespace mampu menjadi solusi yang kuat untuk berbagai kebutuhan situs web. Baik untuk blog pribadi, portofolio kreatif, maupun toko online yang profesional.



Keunggulan Squarespace Web CMS

Squarespace Web CMS menawarkan, banyak keunggulan yang dahsyat. Sehingga, menjadi daya tarik tersendiri bagi user. Tentunya, dalam membuat situs web yang makin friendly dan menjawab kebutuhan. So, berikut beberapa keunggulannya, antara lain: 


  1. Antarmuka Desain yang User-Friendly

Squarespace dikenal karena, memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan. Terutama bagi yang tidak memiliki, latar belakang technical dalam pengembangan web. Desain drag-and-drop, memungkinkan user untuk dengan cepat menyesuaikan elemen situs web. Tanpa perlu membuat code programming. Pengguna dapat memilih, dari berbagai template yang responsif. Terlebih, telah didesain dengan estetika yang menarik.


  1. Template Desain yang Responsif dan Modern

Squarespace menawarkan template desain profesional, yang secara otomatis responsif. Artinya, situs akan terlihat bagus baik di perangkat desktop maupun mobile. Setiap template dapat dimodifikasi, sesuai kebutuhan user. Memungkinkan personalisasi yang luas, tanpa mengorbankan fungsionalitas inti. Pengguna dapat mengedit warna, font, tata letak, dan elemen lain. Tentunya, secara langsung melalui antarmuka editor.


  1. Integrasi E-Commerce

Squarespace memiliki fitur E-commerce, yang sangat baik untuk pemilik toko online. Dengan menggunakan platform ini, pengguna dapat melakukan beberapa hal, antara lain:

Mengelola Produk : Menambah, menghapus, dan mengedit produk dengan mudah.

Menerima Pembayaran : Squarespace mendukung berbagai metode pembayaran. Diantaranya seperti Kartu Kredit, PayPal, dan Apple Pay.

Pengaturan Inventaris : Pengguna dapat mengelola, inventaris produk secara otomatis.

Pengiriman dan Pajak : Squarespace memungkinkan user untuk, setting aturan pengiriman dan pajak sesuai dengan lokasi bisnis.

Promosi : Tersedia fitur untuk memberikan diskon, promosi, dan kupon kepada pelanggan.


  1. SEO (Search Engine Optimization)

Squarespace memiliki fitur SEO, yang cukup komprehensif. Guna, untuk membantu website tampil di mesin pencari Google. Beberapa fitur SEO yang ditawarkan, antara lain:

Pengaturan Metadata : Pengguna dapat menyesuaikan judul halaman, meta description, dan URL untuk meningkatkan peringkat SEO.

Peta Situs Otomatis : Squarespace secara otomatis, membuat dan mengirim peta situs ke Google. Membantu pengindeksan halaman baru.

Optimasi Gambar : Gambar dioptimalkan untuk, web secara otomatis. Sehingga, dapat meningkatkan kecepatan loading situs.

Penggunaan SSL : Setiap situs web di Squarespace, dilengkapi dengan sertifikat SSL untuk keamanan. Guna, untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari.


  1. Hosting dan Keamanan

Squarespace adalah platform all-in-one. Artinya, semua situs yang dibuat dengan Squarespace di-hosting langsung di server mereka. Pengguna tidak perlu khawatir, tentang hosting pihak ketiga atau pengaturan server. Selain itu, Squarespace juga menawarkan fitur keamanan. Diantaranya seperti SSL, pembaruan otomatis, dan pemantauan situs 24/7 untuk melindungi situs dari ancaman cybercrime.


  1. Fitur Blogging

Bagi user yang ingin membuat blog. Maka, Squarespace menyediakan fitur blog yang sangat mumpuni. Pengguna dapat melakukan beberapa hal, antara lain:

Menulis dan menjadwalkan posting blog.

Mengkategorikan dan menandai postingan.

Menambahkan komentar dengan moderasi penuh.

Menyematkan multimedia, seperti gambar dan video dalam postingan.

Mengintegrasikan RSS feed dan membagikan postingan blog, di media sosial secara otomatis.


  1. Integrasi dan Alat Pihak Ketiga

Squarespace mendukung integrasi, dengan banyak alat pihak ketiga. Misalnya seperti Google Analytics, Mailchimp, Zapier, dan lainnya. Integrasi ini memudahkan user untuk, melacak data pengunjung. Mengelola email marketing, dan mengotomatisasi tugas-tugas bisnis lain.


  1. Dukungan dan Dokumentasi

Squarespace menawarkan dukungan pelanggan, melalui live chat dan email. Menyajikan basis pengetahuan yang lengkap dengan tutorial, artikel, dan video panduan. Sehingga, memudahkan user untuk memecahkan masalah secara mandiri. Tentunya, dengan bantuan tim dukungan.


  1. Kustomisasi Melalui CSS dan JavaScript

Bagi pengguna yang memiliki, pengetahuan lebih lanjut. Maka, Squarespace juga memungkinkan kustomisasi tambahan melalui CSS dan JavaScript. Memberikan fleksibilitas bagi pengguna. Guna, untuk membuat perubahan lebih lanjut pada desain. Terlebih, untuk fungsionalitas situs yang tidak tersedia di editor standar.


  1. Harga dan Paket

Squarespace menawarkan berbagai paket berlangganan, yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Mulai dari situs pribadi, hingga toko online besar. Semua paket sudah termasuk hosting, sertifikat SSL, fitur dasar CMS, dan tidak memerlukan biaya tambahan. Meskipun untuk plugin atau ekstensi pihak ketiga, yang seringkali diperlukan di CMS lain.


  1. Analytics dan Pelaporan

Squarespace menyediakan fitur analytics bawaan. Berfungsi, untuk melihat metrik situs secara rinci, misalnya seperti:

Jumlah pengunjung harian.

Sumber trafik (mesin pencari, media sosial, dan sejenisnya).

Kinerja produk di toko online.

Statistik penggunaan perangkat, dan lokasi pengunjung.

Pengguna juga dapat, mengintegrasikan Google Analytics. Guna, untuk mendapatkan laporan yang lebih mendalam. 



Fitur-Fitur Squarespace Web CMS

Squarespace Web CMS merupakan, platform CMS (Content Management System) yang menawarkan solusi all-in-one. Guna, untuk membuat dan mengelola website dengan mudah. Terutama, untuk user yang tidak memiliki keterampilan technical atau web development. So, berikut beberapa fitur-fitur utama yang ditawarkan oleh Squarespace, antara lain:


  1. Template Desain yang Responsif

Squarespace menawarkan banyak template desain responsif, yang indah dan modern. Desain ini otomatis menyesuaikan, dengan berbagai ukuran layar. Misalnya seperti desktop, tablet, dan smartphone. Sehingga, website terlihat profesional di perangkat apa pun. Semua template mudah disesuaikan, dengan fitur drag-and-drop. Sehingga, memungkinkan user untuk membuat situs yang unik dan profesional. Tanpa harus, memulai dari nol dengan coding.


  1. Editor Drag-and-Drop

Fitur ini memudahkan pengguna, untuk menyusun konten halaman web secara visual. Anda bisa menambahkan elemen seperti teks, gambar, video, dan tombol. Hanya dengan menarik elemen tersebut, ke halaman yang diinginkan. Memungkinkan user untuk, melihat langsung hasil perubahan. Tanpa harus memahami coding.


  1. Manajemen Konten Blog

Squarespace mendukung, fitur blog yang lengkap. Termasuk pembuatan postingan blog, pengaturan jadwal publikasi, fitur penandaan (tags) dan kategori. Tersedia juga integrasi, dengan RSS feed. Terlebih, kemampuan untuk memungkinkan pembaca meninggalkan komentar.


  1. Terintegrasi E-Commerce 

Squarespace memungkinkan user untuk, membangun toko online dengan mudah. Beberapa fitur E-commerce yang disediakan, antara lain:

Pengelolaan Produk : Mengelola produk dengan foto, deskripsi, harga, dan variasi (misalnya, ukuran dan warna).

Pengelolaan inventaris : Squarespace memiliki fitur, pelacakan stok otomatis dan pemberitahuan saat stok hampir habis.

Pembayaran Gateway : Squarespace mendukung pembayaran online melalui Stripe, PayPal, dan Apple Pay.

Fitur Checkout Aman : Squarespace memastikan keamanan transaksi. Melalui integrasi SSL, dan mendukung pembayaran yang aman.

Pengelolaan Pengiriman dan Pajak : Pengguna dapat mengatur ongkos kirim dan pajak, sesuai dengan lokasi pembeli.


  1. SEO Tools

Squarespace dilengkapi dengan, berbagai alat optimasi SEO (Search Engine Optimization). User bisa mengatur judul halaman, meta description, URL kustom, tag, dan alat pengaturan SEO lainnya. Guna, untuk membantu website lebih mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google. Fitur analitik SEO juga tersedia, untuk memantau performa pencarian.


  1. Integrasi dengan Media Sosial

Squarespace memungkinkan integrasi dengan, berbagai platform media sosial. Misalnya seperti Instagram, Twitter, Facebook, Pinterest, dan lainnya. Pengguna dapat secara otomatis, membagikan konten dari website ke platform sosial media. Terlebih, menampilkan feed sosial secara real-time di situs mereka. Ada juga fitur untuk, menyematkan tombol share dan follow.


  1. Fitur Galeri dan Portofolio

Squarespace menawarkan beberapa cara, untuk memamerkan gambar dan video. Tentunya, melalui galeri interaktif. Fitur ini ideal bagi Fotografer, Seniman, dan Desainer yang ingin membuat portofolio visual lebih menarik. Galeri dapat diatur, dalam berbagai tata letak. Terlebih, untuk mendukung resolusi gambar yang tinggi.


  1. Email Marketing Terintegrasi

Squarespace juga menyediakan, fitur email marketing. Guna untuk membuat kampanye email, mengirimkan buletin, dan menyesuaikan template email yang selaras dengan brand mereka. Pengguna dapat membuat, daftar email dan melacak performa kampanye. Misalnya seperti, tingkat buka (open rate) dan klik.


  1. Analitik dan Pelaporan

Squarespace menyertakan alat analitik web bawaan, untuk melacak performa situs. Fitur mencakup statistik seperti jumlah pengunjung, sumber lalu lintas, perilaku pengguna di situs, performa halaman, dan informasi tentang transaksi di toko online (jika ada). User dapat memahami pola pengunjung, dan menyesuaikan strategi berdasarkan data.


  1. Hosting Terintegrasi dan Keamanan

Squarespace menawarkan hosting terkelola. Artinya, user tidak perlu mengatur hosting sendiri. Platform ini juga mencakup, SSL (Secure Sockets Layer). Guna, melindungi situs dengan enkripsi yang aman. Sehingga, menjamin keamanan data user dan pengunjung situs.


  1. Dukungan Domain Kustom

Squarespace mempermudah pengguna untuk, membeli dan mengelola nama domain kustom langsung melalui platform. Jika user sudah memiliki domain, dari provider lain. Maka, dapat mengintegrasikan ke situs Squarespace.


  1. Fitur Pengelolaan Anggota dan Keanggotaan

Squarespace memungkinkan pengguna untuk, membuat area keanggotaan yang hanya dapat diakses oleh pengguna terdaftar atau berlangganan. Fitur yang ideal untuk situs dengan konten eksklusif, kursus, dan layanan berlangganan.


  1. Mobile App

Squarespace juga menyediakan aplikasi mobile. Guna, untuk mengelola situs dari perangkat mobile. User dapat menulis, dan mempublikasikan posting blog. Melacak statistik, dan mengelola toko online. Bahkan, mengedit halaman langsung dari ponsel atau tablet.


  1. Pembuatan Logo

Squarespace memiliki alat pembuat logo sederhana. Guna, untuk membuat logo profesional dengan mudah. Cocok untuk bisnis baru, yang belum memiliki logo. Namun, ingin memulai dengan desain yang simple dan menarik.


  1. Dukungan Multibahasa

Squarespace mendukung pembuatan website multibahasa. Guna, untuk menjangkau audiens global. Tentunya, dengan menyediakan konten dalam berbagai bahasa.


  1. Pengaturan dan Pembaruan Otomatis

Semua pengaturan dan pembaruan platform, dilakukan secara otomatis oleh Squarespace. Sehingga, pengguna tidak perlu khawatir. Tentang pemeliharaan teknis, pembaruan keamanan, dan kompatibilitas dengan software terbaru.


  1. Integrasi Pihak Ketiga

Squarespace memungkinkan integrasi dengan, berbagai alat dan layanan pihak ketiga. Misalnya seperti Google Analytics, Zapier, Mailchimp, dan banyak lain. Guna, meningkatkan fungsionalitas situs dan mengotomatisasi tugas.


Squarespace dikenal karena, kemudahan penggunaannya. Terlebih, fleksibilitas dalam membuat situs web yang profesional dan estetis. Terlebih, fungsionalis tanpa memerlukan keterampilan teknis yang mendalam.



Fungsi Squarespace Web CMS

Squarespace Web CMS merupakan platform serba guna, yang menawarkan fungsi lengkap. Mulai dari pembuatan situs web yang intuitif, pengelolaan konten secara mudah, fitur e-commerce, hingga SEO dan analitik. Sehingga, menjadi CMS pilihan yang populer untuk usaha kecil, kreator, blogger, dan personal. Tentunya, yang ingin membangun situs profesional dengan praktis. Tanpa perlu, pengembangan web yang rumit. So, berikut beberapa fungsi utamanya, antara lain:


  1. Membuat dan Mengelola Konten

Squarespace memudahkan pengguna, dalam membuat dan mengelola berbagai jenis konten. Termasuk teks, gambar, video, dan multimedia lainnya. Dengan editor drag-and-drop, yang mudah digunakan. User dapat menambah, mengedit, dan menghapus konten dengan mudah. Tanpa memerlukan, pengetahuan coding yang mendalam.

Blok Konten : Squarespace menggunakan blok konten, di setiap elemen. Diantaranya seperti teks, gambar, galeri, dan video dapat ditambahkan dan disusun sesuai keinginan. Sehingga, memberikan fleksibilitas dalam tata letak halaman.

Editor Visual : Semua perubahan dapat dilihat, secara langsung (real-time) saat diubah. Memberikan pengalaman WYSIWYG (What You See Is What You Get).


  1. Desain Situs Web

Squarespace menyediakan berbagai, template profesional yang responsif. Artinya, situs web akan tampak bagus di berbagai perangkat. Misalnya seperti desktop, tablet, dan smartphone. Template ini, dirancang oleh para Web Designer. Terlebih, setiap template dapat dikustomisasi lebih lanjut.

Kustomisasi Template : Pengguna dapat mengubah, tampilan template dengan mudah. Misalnya seperti menyesuaikan font, warna, spasi, dan tata letak. Sehingga, dapat disesuaikan dengan brand atau kebutuhan pribadi.

Responsive Design : Semua template sudah dioptimalkan, untuk perangkat mobile. Sehingga, tidak perlu khawatir tentang user experience pada berbagai perangkat.


  1. SEO (Search Engine Optimization)

Squarespace dilengkapi, dengan alat-alat SEO. Guna, untuk membantu situs web mudah terdeteksi di mesin pencari seperti Google. Beberapa fitur SEO yang disediakan Squarespace, termasuk:

Custom URLs : Pengguna dapat menyesuaikan URL, untuk setiap halaman. Sehingga, lebih ramah mesin pencari.

Meta Tags : User dapat mengatur meta description, judul halaman, dan tag SEO. Guna, untuk meningkatkan visibilitas situs.

Pengindeksan Google : Squarespace memungkinkan integrasi, dengan Google Search Console. Guna, untuk melacak kinerja situs di hasil pencarian.


  1. Membuat E-Commerce

Squarespace juga memiliki fungsi, membuat E-commerce yang kuat. Memungkinkan user untuk, membangun toko online dan menjual produk atau layanan.

Manajemen Produk : Pengguna dapat mengelola, produk fisik maupun digital. Bahkan, mengatur harga dan menambahkan deskripsi produk dengan mudah.

Pemrosesan Pembayaran : Squarespace mendukung integrasi dengan, beberapa layanan pembayaran. Misalnya seperti, Stripe dan PayPal. Guna, untuk melakukan transaksi secara aman.

Fitur Keranjang Belanja : Fitur keranjang belanja yang intuitif. Guna, untuk menambahkan produk, melakukan checkout, dan melacak pesanan.


  1. Manajemen Blog

Squarespace menyediakan alat, untuk blogging yang canggih. Fitur blog memungkinkan pengguna, untuk menulis artikel. Bahkan, menambahkan multimedia ke postingan, dan mengelola komentar dengan mudah.

Kategori dan Tag : User dapat mengatur postingan blog, ke dalam kategori dan tag.  Berfungsi, membantu pengunjung menemukan konten yang relevan.

RSS Feed : Squarespace secara otomatis, menghasilkan feed RSS untuk blog. Memudahkan user untuk, berlangganan pembaruan konten.


  1. Hosting dan Keamanan

Squarespace menawarkan layanan hosting, yang dikelola sepenuhnya. Pengguna tidak perlu repot dengan pembelian domain, pengaturan hosting, dan perawatan server.

SSL (Secure Socket Layer) : Squarespace menyediakan sertifikat SSL gratis, untuk memastikan keamanan situs. Terutama, jika user menjalankan toko online atau situs yang mengumpulkan data viewers.

Backup dan Pemulihan : Platform ini secara otomatis, mencadangkan data situs user. Memastikan keamanan konten, dalam kasus kegagalan teknis.


  1. Integrasi dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Squarespace memungkinkan integrasi, dengan berbagai layanan pihak ketiga. Misalnya seperti Google Analytics, Mailchimp, Zapier, dan platform media sosial. Sehingga, memudahkan pengguna untuk mengoptimalkan situs. Tentunya, dengan layanan yang sudah mereka gunakan.

Google Analytics : User dapat mengintegrasikan situs, dengan Google Analytics. Guna untuk melacak pengunjung, perilaku pengguna, dan kinerja situs secara umum.

Media Sosial : Squarespace memudahkan berbagi konten secara otomatis, ke platform media sosial. Misalnya seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.


  1. Dukungan dan Analitik

Squarespace memberikan dukungan, pelanggan yang komprehensif. Melalui basis pengetahuan, tutorial video, dan layanan pelanggan 24/7. Selain itu, Squarespace menyediakan analytics bawaan. Guna, menampilkan informasi penting tentang kinerja situs web. Misalnya seperti jumlah pengunjung, asal lalu lintas, dan halaman yang paling banyak dikunjungi.

Squarespace Analytics : User dapat melihat, laporan analitik secara mendetail. Tentang pengunjung situs, penjualan toko online, dan metrik performa lainnya.

Dukungan Pelanggan : Squarespace memiliki tim dukungan pelanggan, yang siap membantu. Terlebih, menawarkan sumber daya online yang kaya. Guna, untuk memandu user melalui setiap aspek platform.


  1. Pengelolaan Domain

Squarespace juga menawarkan, layanan pengelolaan domain. Pengguna dapat membeli, domain langsung dari Squarespace. Menghubungkannya secara otomatis, ke situs mereka.

Email Kustom : Squarespace memungkinkan pengguna untuk, membuat alamat email custom yang terkait dengan domain. Terintegrasi dengan Google Workspace, untuk email bisnis profesional.


  1. Pengaturan dan Penyesuaian Lebih Lanjut

Pengguna dengan keterampilan teknis lebih lanjut, dapat menambahkan kode CSS atau JavaScript. Guna, untuk penyesuaian lebih dalam pada situs. Memberikan fleksibilitas tambahan bagi pengguna. Tentunya, yang ingin mengembangkan fitur atau gaya khusus di luar alat bawaan Squarespace.



Demikianlah artikel dari Kami EKA BKJ yang membahas tentang, Squarespace Web CMS. Berkaitan dengan pengertian, keunggulan, fitur-fitur, fungsi. Sehingga, dapat berguna bagi Anda para readers. Tentunya, dalam menambah referensi mengenai platform membangun situs web. Dengan begitu, Anda dapat mempertimbangkan dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Oke Guys, sekian dari Ratu Eka Bkj dan terimakasih. 




KERJASAMA BISNIS, Mulai Klik Hubungi Kami via Whatshap 
0895367203860 
Owner, Founder, CEO
= 085704703039 
Customer Service

DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =


0481723808

EKA APRILIA.... BCA


0895367203860

EKA APRILIA, OVO




0 Response to "Fungsi Squarespace Web CMS dan Pengertiannya, Berikan Fitur Customize Bikin Friendly! "

Post a Comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow