(Bisnis Komunikasi Jaringan), "Solusi Kerjasama!"

Pengertian Blogger.com Web CMS dan Sejarahnya, Berikan Fitur Bersahabat!

Blogger.com Web CMS


Penulis_@Ratu Eka Bkj 

CEO, Owner, Founder “EKA BKJ



Blogger.com Web CMS merupakan salah satu platform untuk, membangun website berbasis Content Management System. Terutama, dalam keperluan blogging dan media portal. Mengupload konten informasi dan edukasi, berupa penulisan dilengkapi dengan gambar. Menyediakan kerangka untuk membuat situs web, tanpa memulai dari awal. 


Jadi, kita tinggal melakukan customize pada development web. Memberikan fitur dan fungsi, yang sangat menjawab kebutuhan user. Friendly dan cocok digunakan, oleh para Web Publishers. So, untuk lebih jelasnya mengenai Blogger.com Web CMS. Langsung saja cek pemaparan Ratu Eka Bkj, yang di bawah Guys! Cekidot. 



Pengertian Blogger.com Web CMS! 

Blogger.com Web CMS adalah, platform Web CMS (Content Management System) yang dimiliki oleh Google. Memungkinkan user untuk, membuat dan mengelola blog secara friendly. Blogger merupakan salah satu CMS, yang populer untuk blogging. Karena, antar muka yang sederhana dan integrasi kuat dengan layanan Google lainnya. Misalnya seperti: Google Analytics, Google AdSense, dan Google Search Console. 


Blogger.com merupakan, pilihan CMS yang tepat untuk siapapun. Baik yang pemula, ekapert, dan profesional. Menjadi platform blogging, yang mudah digunakan dan bersahabat. Tanpa harus repot, membeli hosting. Karena, sudah disediakan hosting unlimited tanpa perlu bayar. Kita pun dapat melakukan customize. Baik template premium, script HTML, domain custom, dan desain situs. Meskipun ada sebagian keterbatasan dalam fitur, jika dibandingkan CMS lain seperti WordPress. Tapi, Blogger.com menawarkan stabilitas dan keamanan yang lebih menjamin dibandingkan platform lainnya. Ditambah dengan tampilan yang simple, dan tidak memberatkan pagespeed saat loading. Sehingga, lebih SEO friendly dan bikin nyaman viewers. 



Sejarah Blogger.com Web CMS! 

Blogger.com Web CMS merupakan, salah satu platform blogging tertua dan paling populer di dunia. Memungkinkan pengguna untuk membuat, dan mengelola blog dengan mudah. Blogger adalah, salah satu platform website berbasis Content Management System (CMS). Sebuah sistem yang memudahkan user, dalam mengelola konten digital. Tanpa, harus memahami banyak tentang pemrograman.


Blogger.com memiliki sejarah panjang, dalam dunia blogging. Menjadi pionir dalam mempermudah, publikasi konten secara online. Meskipun, persaingan ketat dengan platform lain seperti WordPress. Namun, platform ini masih menjadi solusi yang solid. Bagi yang memerlukan situs dengan tampilan simple, SEO friendly, speed loading yang cepat, dan praktis untuk mengelola situs web. Integrasi kuat dengan ekosistem Google. Sehingga, membuatnya tetap relevan bagi banyak user.


Pendirian oleh Pyra Labs (1999)

Blogger didirikan pada, 23 Agustus 1999. Yakni, oleh perusahaan rintisan bernama Pyra Labs. Founder-nya terdapat tiga orang. Diantaranya seperti: Evan Williams, Meg Hourihan, dan Paul Bausch. Pada masa itu, blogging belum populer seperti sekarang, dan konsep blog masih baru. Blogger membantu membentuk, trend awal blogging. Tentunya, dengan menyediakan platform yang mudah digunakan untuk membuat dan mengelola blog.

Pyra Labs, awalnya tidak berfokus pada pembuatan CMS blogging. Mereka bekerja pada alat, manajemen proyek digital. Namun, fitur blogging dalam alat tersebut menjadi sangat populer. Sehingga, mereka mengalihkan fokus ke pembuatan Blogger sebagai platform tersendiri.


Munculnya Blogging Sebagai Trend (1999-2002)

Di akhir 1990-an dan awal 2000-an, trend blogging mulai berkembang. Tentunya, dengan Blogger menjadi salah satu platform yang memimpin dalam mempopulerkan praktik blogging. Sebelum adanya platform Blogger. Maka, kebanyakan orang yang ingin membuat blog harus memiliki keterampilan coding dan programming dari awal. Dengan Blogger, siapa saja bisa membuat blog dengan mudah. Tanpa perlu memahami kode, atau pengaturan teknis yang rumit.

Pada fase awalnya, Blogger beroperasi secara gratis namun menghadapi masalah keuangan. Meskipun populer, Pyra Labs kesulitan dalam menghasilkan pendapatan untuk mempertahankan operasional.


Akuisisi oleh Google (2003)

Salah satu titik balik terbesar, dalam sejarah Blogger. Terjadi pada Februari 2003, ketika Google mengakuisisi Pyra Labs dan platform Blogger. Menandai, perubahan signifikan dalam pengembangan dan penggunaan Blogger. Setelah diakuisisi, banyak fitur baru dan perbaikan dilakukan oleh Google. Guna, untuk membuat platform ini lebih stabil dan fungsional.

Salah satu perubahan besar setelah akuisisi adalah, Blogger menjadi gratis sepenuhnya untuk semua pengguna. Termasuk, penghapusan layanan premium yang sebelumnya ditawarkan. Google juga mulai mengintegrasikan Blogger, dengan layanan lain miliknya. Termasuk, Google AdSense yang memungkinkan Blogger untuk menghasilkan uang dari monetisasi iklan di blog.


Peluncuran Fitur-Fitur Baru (2004-2006)

Setelah akuisisi oleh Google. Maka, Blogger mengalami banyak perubahan dan pembaruan. Banyak fitur penting, yang diluncurkan dalam periode ini. Diantaranya seperti:

Integrasi dengan Google AdSense (2004): Memungkinkan para user untuk, menambahkan iklan di blog dan mendapatkan penghasilan.

Dukungan Untuk Gambar (2004): Blogger mulai mendukung hosting gambar, secara langsung di platformnya. Sehingga, user bisa mengunggah gambar. Tanpa, harus menggunakan layanan hosting eksternal.

Redesain Besar (2004-2006): Google mulai mengubah tampilan, dan fungsionalitas Blogger. Membuatnya lebih modern, ramah user, dan mudah diakses oleh siapapun. Bahkan, bagi mereka yang kurang memiliki pengetahuan technical.


Pembaruan Platform Blogger (2006-2011)

Pada 2006, Google meluncurkan versi baru Blogger. Tentunya, dengan sejumlah pembaruan besar. Versi baru ini, memperkenalkan template dinamis. Kemampuan untuk, menambahkan widget dengan mudah. Bahkan, sistem label untuk mengorganisir postingan. Pada periode ini, Blogger juga berpindah dari server hosting Pyra Labs ke server Google sepenuhnya. Sehingga, dapat meningkatkan kinerja dan stabilitas platform. So, berikut beberapa fitur baru pada periode ini meliputi:

Pengeditan Langsung HTML/CSS: User bisa memodifikasi tampilan blog, dengan lebih mudah.

Pengelolaan Komentar yang Lebih Baik: Blogger memperkenalkan fitur moderasi, dan sistem komentar yang lebih canggih.

Kemudahan Migrasi Domain: Google memudahkan user untuk, menggunakan domain custom sendiri (Misalnya: .com, .org, .net, .id) pada situs Blogger. Agar, lebih customize dan premium dengan tanpa kredit di subdomain Blogspot.


Kompetisi Dengan Platform Lain (2010-an)

Memasuki era 2010-an, Blogger menghadapi persaingan dari platform blogging dan CMS lainnya. Terutama dengan WordPress, Tumblr, dan Medium. Meskipun, Blogger tetap memiliki basis pengguna yang besar. Namun, banyak Blogger dan Perusahaan mulai beralih ke WordPress. Karena, kemudahan kustomisasi dan fitur-fitur tambahan yang ditawarkan.

Walaupun begitu, Blogger tetap menjadi pilihan bagi user yang mencari platform blogging SEO friendly dan mudah digunakan. Terutama, bagi yang baru memulai dunia blogging. Blogger.com menawarkan solusi sederhana, dengan kurva belajar yang rendah.


Integrasi Dengan Layanan Google Lainnya

Blogger terus berintegrasi, dengan layanan-layanan Google lainnya, seperti:

Google AdSense, untuk monetisasi iklan di situs agar mendapatkan income. 

Google Analytics, untuk melacak statistik dan viewers di blog.

Google Plus (sebelum ditutup), untuk menghubungkan blog dengan jejaring sosial Google.

Google Photos, untuk hosting gambar yang lebih baik.

Masih banyak produk Google lainnya, yang terintegrasi dengan Blogger.com.


Perkembangan Terkini

Meskipun sudah lama, tidak mengalami pembaruan besar sejak 2015. Blogger tetap diperbarui oleh Google, dengan pembaruan kecil yang memperbaiki kinerja dan keamanan. Google juga tetap mempertahankan, dukungan untuk fitur-fitur dasar. Misalnya seperti pengelolaan konten, template, dan integrasi dengan Google AdSense.

Pada 2020, Google meluncurkan antarmuka baru untuk Blogger. Memberikan tampilan yang lebih modern, dan memperbaiki performa di perangkat mobile. Tentunya, sesuai dengan trend peningkatan akses internet dari ponsel.



Keunggulan Blogger.com Web CMS! 

Blogger.com Web CMS memberikan, berbagai keunggulan yang dahsyat. Tentunya, sebagai fasilitas yang dapat dinikmati para user. Yakni, dalam membuat situs web berbasis Content Management System. So, berikut beberapa keunggulannya, antara lain: 

Gratis

Blogger menawarkan platform blogging gratis sepenuhnya, termasuk hosting.

Sederhana dan Mudah Digunakan

Antarmuka yang sederhana, dan mudah digunakan. Cocok bagi yang belum memiliki keahlian coding, dan programming secara mendalam.

Integrasi dengan Google

Terintegrasi dengan layanan Google. Misalnya seperti: Google AdSense, Google Console, Google Analytics, dan semacamnya. 

Hosting Unlimited Gratis

Tidak ada biaya untuk menyimpan blog, di server Google. Menjadikan platform Blogger.com menarik, bagi pengguna yang tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan. Apalagi, hosting yang disediakan sudah unlimited. 

Keamanan Tinggi

Hosting oleh Google menjamin keamanan, backup, dan stabilitas yang tinggi untuk Blogger.com. Dibandingkan platform lain seperti WordPress, yang rentan terkena virus dan serangan malware. 

Bisa Di-Kustomisasi Lebih Profesional

Blogger.com menyediakan fungsi situs untuk dapat di-kustomisasi. Agar, tampak lebih profesional dan menarik. Yakni, integrasi dengan domain custom (misalnya seperti: .com, .org, .id), template premium, edit script di HTML, dan desain situs web. 



Kekurangan Blogger.com Web CMS! 

Meskipun platform Blogger.com Web CMS, mempunyai banyak keunggulan. Tapi, juga terdapat kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Apakah sesuai dengan kebutuhan Anda, ataukah tidak. So, berikut beberapa kekurangannya, antara lain: 

Kustomisasi Terbatas

Meskipun menyediakan beberapa opsi kustomisasi. Namun, Blogger tidak sefleksibel platform CMS lain seperti WordPress. Tentunya, yang memiliki banyak plugin dan tema pihak ketiga.

Fokus Hanya pada Blogging dan Web Publishing

Blogger.com dirancang khusus untuk, blogging dan situs web publishing. Sehingga, kurang cocok untuk pembuatan website yang lebih kompleks seperti e-commerce. Tentunya, dengan kebutuhan yang sangat spesifik.

Kontrol Terbatas atas Data

Karena Blogger adalah, platform milik Google. Maka, pengguna harus mematuhi kebijakan Google. Bahkan, potensi hilangnya kontrol penuh atas blog jika melanggar kebijakan Google. 



Fitur Blogger.com Web CMS! 

Blogger.com Web CMS, mempunyai berbagai fitur penting. Sangat berguna bagi para user. Tentunya, dalam mempermudah untuk membuat situs web. Terlebih, sebagai platform yang menjawab kebutuhan pengguna. So, berikut beberapa fiturnya, antara lain:

Gratis dan Hosting Unlimited oleh Google : Pengguna dapat membuat blog, tanpa harus membayar untuk hosting. Karena, sudah disediakan hosting unlimited dari Blogger.com milik Google. 

Antarmuka Pengguna yang Sederhana : Antarmuka Blogger dirancang agar mudah dipahami, bahkan oleh pemula. Pengguna dapat membuat, mengedit, dan mengatur blog dengan beberapa klik saja.

Pengelolaan Posting : User dapat membuat posting, mengatur kategori, menambahkan gambar, video, dan tautan. Blogger mendukung fitur pengeditan WYSIWYG (What You See Is What You Get). Sehingga, memudahkan pengguna dalam mengelola situs. Tanpa perlu keterampilan coding yang mendalam, untuk membuat dan memodifikasi konten.

Template yang Dapat Dikustomisasi : Blogger menyediakan berbagai template blog, yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan user. Meskipun terbatas, pengguna dengan keterampilan HTML dan CSS dapat memodifikasi template. Guna, untuk membuat desain blog yang lebih unik. Selain itu, juga dapat upload template premium yang dibeli dari pihak ketiga untuk dipasang dalam situs Blogger. 

Widget dan Gadget : Blogger menyediakan beberapa widget, yang dapat ditambahkan ke blog. Diantaranya seperti arsip, label, tautan eksternal, dan lainnya. Membantu user memperkaya fitur blog, tanpa perlu pengetahuan technical.

Integrasi Google AdSense : Blogger memungkinkan pengguna, untuk memonetisasi blog dengan Google AdSense. Dengan AdSense, user dapat menampilkan iklan di blog. Kemudian, memperoleh penghasilan berdasarkan klik atau tayangan iklan.

Analytics dan SEO : User dapat menghubungkan blog, ke Google Analytics. Guna, untuk melacak statistik pengunjung. Selain itu, Blogger secara otomatis mengoptimalkan konten untuk mesin pencari (SEO). Tetapi, pengguna juga bisa menyesuaikan beberapa pengaturan SEO dasar.

Fitur Multibahasa : Blogger mendukung berbagai bahasa. Sehingga, pengguna dari seluruh dunia bisa memanfaatkannya. Setiap blog dapat disesuaikan, dengan bahasa tertentu. Tentunya, sesuai audiens yang ditargetkan.

Kemudahan Publikasi : Blogger mempermudah publikasi konten. Karena, hanya memerlukan langkah-langkah sederhana. User dapat menyimpan draf, menjadwalkan postingan, dan mengeditnya kapan saja.


Keamanan dan Backup Pada Blogger.com Web CMS!

Blogger.com Web CMS mempunyai keamanan yang bagus. Sebab, merupakan produk yang dimiliki dan terintegrasi langsung dengan Google. Terlebih, juga menyediakan fungsi untuk backup. So, berikut keamanan dan backup pada Blogger.com, antara lain: 

Keamanan Terjamin Karena Dimiliki oleh Google

Keamanan blog di Blogger, dikelola dengan baik dan terjamin. Sebab, merupakan produk Google yang terbukti bagus rekam jejaknya. Termasuk, perlindungan terhadap peretasan dan malware. 

Ekspor dan Import

Pengguna dapat mengekspor, dan mengimpor konten blog. Guna, untuk keperluan backup atau migrasi ke platform lain.



Manajemen Pengguna dan Kolaborasi Blogger.com Web CMS!

Blogger.com Web CMS memungkinkan kolaborasi, dengan memberikan hak akses yang berbeda kepada pengguna lain. Misalnya, Owner Blog dapat menambahkan Penulis atau Editor. Guna, untuk mengelola konten tanpa memberikan akses penuh.



Perbandingan Blogger.com Web CMS dengan CMS Lain!

Blogger.com Web CMS terdapat perbedaan, dengan platform serupa. Baik, dari segi fitur dan fungsi yang ditawarkan. Maupun, dalam hal keunggulan serta kekurangan. So, berikut beberapa perbedaannya, antara lain: 

Blogger vs WordPress.com

Keduanya gratis dan mudah digunakan, tetapi WordPress.com lebih fleksibel dalam hal tema dan plugin. WordPress juga menawarkan, lebih banyak opsi kustomisasi dibanding Blogger.

Blogger vs Self-Hosted WordPress.org

Self-hosted WordPress.org memerlukan, hosting dan domain terpisah. Tetapi, jauh lebih fleksibel dalam hal pengembangan situs, plugin, dan kustomisasi. Blogger lebih cocok untuk, pengguna yang tidak ingin memusingkan soal teknis hosting atau pengelolaan server.



Cara Membuat Blog Menggunakan Blogger.com Web CMS!

Membuat situs menggunakan Blogger.com Web CMS, terdapat caranya. Berkaitan dengan langkah-langkah, yang perlu dilakukan. Agar, bisa memiliki blog hingga website berbasis Content Management System menggunakan Blogger.com. So, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan, antara lain:

Daftar Akun Google : Karena Blogger dimiliki oleh Google, pengguna memerlukan akun Google untuk mendaftar.

Masuk ke Blogger.com : Setelah masuk, user dapat mulai membuat blog dengan memilih nama, alamat (subdomain), dan template.

Membuat Posting : Pengguna dapat membuat posting baru, dengan menggunakan editor teks yang sederhana. Konten dapat diperkaya dengan gambar, video, dan link.

Kustomisasi Blog : User dapat memilih template yang ada, atau mengedit script HTML dan CSS untuk tampilan lebih unik dan profesional. Selain itu, juga dapat mengupload template premium yang dibeli pada pihak ketiga. Terlebih, dapat mengintegrasikan dengan domain custom seperti .com, .org, .id, dan semacamnya. Agar, tampak lebih terpercaya dan independen situs. 

Publikasikan dan Promosikan : Setelah posting selesai, pengguna dapat mempublikasikan dan mempromosikan. Tentunya, melalui berbagai saluran sosial media. 



Demikianlah artikel dari Kami EKA BKJ yang membahas tentang, Blogger.com Web CMS. Berkaitan dengan pengertian, sejarah, keunggulan, kekurangan, fitur, keamanan dan backup, management, perbandingan dengan CMS lain, cara membuat. Sehingga, dapat berguna bagi Anda para readers. Demi, menambah referensi seputar dunia web publishing dan ngeblog. Terlebih, untuk pertimbangan dalam menentukan platform blogging yang tepat. Agar, sesuai dengan kebutuhan Anda. Oke Guys, sekian dari Ratu Eka Bkj dan terimakasih.





KERJASAMA BISNIS, Mulai Klik Hubungi Kami via Whatshap 
0895367203860 
Owner, Founder, CEO
= 085704703039 
Customer Service

DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =


0481723808

EKA APRILIA.... BCA


0895367203860

EKA APRILIA, OVO



0 Response to "Pengertian Blogger.com Web CMS dan Sejarahnya, Berikan Fitur Bersahabat! "

Post a Comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow